Rohgent's Opinion

UNAS DAN SEKITARNYA

Selama dua minggu ini, gw dan anak2 sekelas laennya, lagi melaksanakan tugas "mulia" neh!

Heh? Apaan tuh?

Tugas mulia alias UTS!!! Wakakakak

Dari hari Senin kemaren, gw deg2an. Apakah UTS ini akan berjalan lancar...?

Yah...semoga aja! Secara gw blom selese UTS-nya! Hihihi

Okeh, kali ini, gw ngebahas tentang fenonema UNAS yang dahsyat, bombastis, futuristik, dan Spektakuler di kalangan pelajar kelas 6, 9, dan 12. 

Berdasarkan informasi yg gw dapet dari temen gw, segetolnya pemerintah untuk memperketat pertahanan anti nyontek, tapi tetep aja bobol. 

So, semuanya ngebuat gw berpikir. Sesungguhnya, pelajar Indonesia TIDAK lah BODOH! Mereka semua adalah anak2 yg pintar. Sangat pintar. Tapi yg selama ini gak ada abisnya kalo gw pikir, Kenapa pelajar Indonesia menyalurkan otak pintarnya itu dengan media contek mencontek? Sebegitu mendarahdaging kah budaya gile ini di kalangan generasi muda?

Dan, gw pernah membuktikan , bahwa mencontek sangat merugikan diri sendiri! Bagi beberapa orang, pernyataan ini sangat klasik dan berkesan seperti nasehat emak2 tua.

But,It's my experience, friend! 

Rasanya rugi banget karena dengan mencontek, kita pasti belom menguasai pelajaran tersebut. Dan, yang namanya pelajaran itu bakal kebawa seumur idup! Bayangin, kalo dulu, waktu kelas 1 SD kita gak menguasai pelajaran berhitung, kita pasti bakal kagak bisa pelajaran Matematika seumur idup. Trus, suatu saat nanti, kalo kita dah jadi ortu, trus anak itu bertanya pada kalian nanya pelajaran skulnya, n' kita gag bisa jawab, rasanya pasti malu banget donk! Gengsi jatuh geto....

Menjelang UNAS kemaren, waktu gw dengerin radio, banyak banget salamnya buat temen2nya untuk BUDAYA MENCONTEK! Gw langsung mikir, kalo kayak gini, kapan bangsa Indonesia mau maju?

Nah hebohnya lagi, menurut berbagai sumber dan juga PENGALAMAN gw juga, para guru juga tak kalah cemas dengan Unas. Mereka takut kalau anak didiknya sampai tidak lulus dan itu akan memberi blacklist pada sekolah. Oleh karena itu, para guru pun menghalalkan berbagai cara demi kelulusan anak didiknya. 

Dan, dari pengalaman gw waktu SD kemaren (baru SMP kelas 8 geto!), gue bener2 heran. Setiap hari, bukannya sang guru ini menasehati murid2nya untuk berlaku jujur, malah si guru gendenk ini menyuruh muridnya untuk mencontek dan memberikan contekan. 

Nah secara gw tuh sang juara kelas terus <>, gw diberi tanggung jawab untuk memberi contekan untuk anak2 sekelas. Dan gw kala itu, pastinya cerita ke nyokap gw donk! Gw bingung, koq guru gw nyuruh gw kasih contekan? Dan nyokap gw nyuruh gw untuk gak akan memberikan contekan.

Waktu ujian, gw bener2 gag ngasih contekan dan melindungi kertas gw dari cermin2 kecil temen gw yang siap menyorot setiap detik kalo gw lengah. Sampaqi abis ujian, gw didemo abis2an ma temen2 gw. Dan parahnya, gw dipanggil menghadap wali kelas gw. Dengan emosi yang membara, wali kelas gw marahin gw abis2an karena tidak memberi contekan. N' gw pun diancem gag akan lulus kalo gag ngasih contekan untuk satu ujian lagi, matpel IPA.

Secara gw anak yg kritis, gw tetep gag takut. Gw tetep aja gag ngasih contekan. Tapi kali ini, gw ngebawa nyokap gw. Nyokap gw ngancam balik, kalo gw gag dilulusin cuma gag karena ngasih contekan, nyokap gw bakal nulis kritik pedes ke harian jawa pos n' kompas serta ngadu ke diknas. Dan akhirnya.... gw pun lulus juga....

Lulus SD, gw masuk kelas Akselerasi. Dan setelah sharing n' cerita2, ternyata hampir semua sekolah dasar terutama yang favorit, melakukan hal serupa. Akhirnya gw mengerti, dari mana sumber budaya Contek mencontek ini berasal.

Trus masalah standar kelulusan yang dinilai terlalu tinggi, gw fifty-fifty aja. Gw setuju karena gw rasa nilai 5,75 tuh bukanlah sesuatu yang sulit didapet. Kalo standardnya 7 gitu, baru deh kita protes ke Diknas. Hehehehe.... Coba kalo dipikir2, banyak kan dari kamu2 semua tuh berasa malu kalo dapet nilai dibawah 6. So, kalo 5,75 doank, apa takutnya?

Nah gag setujunya gw adalah... kasian banget donk temen2 kita yang bersekolah di pelosok desa dengan fasilitas dan sistem pendidikan yang jauh lebih buruk daripada di kota. Menurut gw, seharusnya pemerintah tuh ngebuat penggolongan sekolah biar adil. So, standar kelulusan antara sekolah di kota dan di desa apalagi yang sampai ke pelosok desa harus berbeda. Biar adil kan? 

Bandingi aja persiapan antara murid skul di kota maupun di pelosok desa. Kalo yg di kota, mereka tuh udah memiliki fasilitas yg memadai. Bebas dari tugas rumah or kerjaan, diberi apa saja yang mereka perlukan, internet untuk menambah wawasan, bimbel intensif, sampai Try Out yg bejibun banyaknya. 

Sedangkan murid yg skulnya di pedesaan, mereka harus tetap membantu pekerjaan ortu mereka, belajar dengan penerangan seadanya, dan hampir tidak ada try out. Paling2 ya try out dari diknas setempat. Dan itupun terkadang tidak sampai masuk ke skul mereka. So, kalo pemerintah mau pendidikan yang lebih baik untuk anak2 negara, bukan dengan cara memperlengkap fasilitas skul di perkotaan. Pemerintah harusnya bisa meratakan kualitas pendidikan sampai ke pelosok desa, baru deh memperlengkap fasilitas skul n' standar pembelajaran yang setiap tahun makin tinggi. Intensifikasi, baru Ekstensifikasi. Ya gag?

Terakhir, saat gw UTS kemaren, gw merhatiin bangku gw yang sebelumnya digunakan sebagai UNAS,gw dapetin banyak banget coretan catatan pelajaran yg ada di daftar UNAS. Yah, ngrepek kayak gini emang lebih akurat daripada nyontek yg blom tentu kebenarannya.  

melihat itu, gw makin prihatin....



0 Response to "Rohgent's Opinion"